Jumat, 18 Mei 2012

KERIS DAPUR LURUS



Kode : LR-001
Jenis : Keris Lurus
Dhapur: Jalak Mangore
Tangguh : Mataram Sultan Agung (1613-1645)
Pamor : Ngulit Semangka
Dimaharkan : Contact person/SMS no.0821 4120 7009
Kegunaan : Bagi yang percaya,angsar pamor ini terutma adalah untuk memperluas pergaulan dan biasanya rejeki akan lebih mudah mendekat bilamana dalam pergaulan kita mempunyai banyak kawan.
Ulasan : Pamor ngulit semangka tergolong pamor TIBAN artinya dalam pembuatannya tidak direka/dirancang/dipola lebih dulu oleh pembuatnya dan pengetrapan pamornya tergolong pamor MLUMAH.
Pembuatannya relatif lebih mudah,jumlah lipatan besinya cukup 24 lapis bahkan ada yang hanya 16 lapis;Gambaran pamornya mirip pamor beras wutah hanya bedanya guratan garis2nya lebih kasar. Selain pamor,keris ini dihiasi kinatah emas yang dinamakan SEKAR ANGGREK.



Kode : LR-002
Jenis : Keris Lurus
Dhapur : Tilam Sari
Tangguh : HB III (1810-1814)
Pamor : Tambal Winengku pada bilah
Mas Kumambang pada ganja
Dimaharkan : Contact person /SMS no.0821 4120 7009
Kegunaan : Bagi sebagian pecinta keris,motif pamor seperti ini dinilai mempunyai tuah/angsar yang baik terutama untuk perlindungan terhadap sang pemilik dan keluarganya dan dipercaya dapat menolak kemungkinan  adanya serangan guna2 dan menjauhkan dari gangguan makhluk halus.
Ulasan : Pamor ini adalah kombinasi dari pamor tambal dan pamor wengkon.Pengetrapan dalam pembuatan kedua pamor ini ada 2 jenis yakni pamor mlumah pada wengkon/tepinya dan pamor miring pada tengah bilahnya.Jadi pembuatan pamor ini tergolong sebagai pamor REKAN artinya pembuatan pamornya direka/dirancang/dipola dulu oleh empu pembuatnya.





Kode : LR-003
Jenis : Keris Lurus
Dhapur : Sinom
Tangguh : PB VII (1830-1858)
Pamor : Unthuk Toya/Banyu pada bilah
Tundhung musuh pada ganja
Dimaharkan : Contact peron/SMS no.0821 4120 7009
Kegunaan : Sebagian pecinta keris percaya bahwa keris pamor Unthuk Banyu memberikan pengaruh baik terhadap ketenaran pemiliknya sekaligus menambah kewibawaan. Pamor ini tergolong tidak memilih,artinya setiap orang akan merasa cocok bila memilikinya.
Ulasan : Nama Unthuk Banyu,artinya kurang lebih "buih air" Pamor ini tergolong pamor miring dan pamor rekan, pembuatannya cukup ruwet dan hanya empu yang mahir saja yang sanggup membuatnya karena ditinjau dari teknis pembuatannya merupakan kombinasi antara pamor mlumah dan pamor miring.